Tuesday, July 3, 2007

Gempa Bumi di Madina


BERITA GEMPA BUMI
KABUPATEN MANDAILING, NATAL , SUMATRA UTARA

(Dikutip dari BMG/Vulcanologi dan berbagai sumber)

Berdasarkan Informasi BMG (http://gis.bmg.go.id), gempa terjadi pada hari senin, tanggal 18 December pukul 04:39:20 pada koordinat latitute 0.82 dan longitude 99.88, kedalaman 53 KM dan Magnitude 5.7 Skala Ritcher. Pusat gempa berada didarat , 30 KM tenggara penyabungan, Sumatra Utara.

berdasarkan sumber USGS, Kekuatan gempa tercatat w : 5,5 pada kedalaman 17,7 km, dan lokasi pusat gempa terletak didarat pada koordinat 0,706o LU - 99,729o BT atau terletak pada posisi ± 18 km barat laut kota Muara Sipongi, ± 70 km timur laut kota Mandailing Natal, ± 89 km tenggara kota Padang Sidempuan, ± 80 km barat laut kota Lubuk Sikaping dan ± 343 km tenggara kota Medan.

Guncangan gempabumi kemungkinan dapat dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal dan sekitarnya. Wilayah ini disusun oleh batuan berumur Pra Tersier dan Tersier yang telah mengalami pelapukan, sehingga bersifat lepas, belum terkonsolidasi (unconsolidated) dan memperkuat efek goncangan, sehingga rentan terhadap goncangan gempabumi. Disamping itu morfologinya berupa perbukitan terjal dan bergelombang yang tersusun oleh batuan berumur Pra Tersier dan Tersier yang telah mengalami pelapukan, sehingga rentan terjadi longsoran bila diguncang gempabumi.

Penyebab terjadinya gempabumi ini diperkirakan akibat pergerakan system sesar aktif di wilayah Muara Sipongi, Kabupaten Mandailing Natal, Propinsi Sumatera Utara.Menurut Informasi terakhir gempabumi ini mengakibatkan terjadinya longsoran yang mengakibatkan 4 orang meninggal, 50 orang luka - luka akibat tertimpa runtuhan bangunan serta sejumlah bangunan mengalami kerusakan di wilayah Muara Sipongi, Kabupaten Mandailing Natal, Propinsi Sumatera Utara. Intensitas gempabumi tersebut diperkirakan mencapai skala VI MMI (Modified Mercally Intensity) di wilayah Muara Sipongi.
Himpunan Ahli Geofisika Indonesia/Indonesian Association of Geophysicists http://www.hagi.or.id/